Latar Belakang Berdirinya Lembaga Tahfidz Al-Qur'an Yatim

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Dimulai dari Firman Allah dalam KitabNya yang selalu terjaga
أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ, فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ, وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ 
Tahukan kamu siapa orang yang mendustakan agama, Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, 
dan tidak mendorong memberi makan orang miskin, 

Ber "agama" ! tapi dikatakan mendusta.... Naudzu billah
itulah sepenggal kalimat hikmah yang dapat dipetik dari surah Al Ma'un 1-3 di atas. Terlalu banyak anak-anak Calon Generasi Islam yang masih kecil harus sudah merasakan pahitnya dunia, tidak lagi merasakan kasih sayang dari orang tua, tidak dapat merasakan nikmatnya pendidikan, dan banyak hal-hal buruk yang terjadi pada anak yatim. 
Padahal yang kita tahu, Nabi Muhammad saw merupakan nabi yang sangat menyayangi anak yatim, beliau menyayangi anak yatim karena beliau juga merasakan bagaimana sedihnya menjadi anak yatim, sehingga beliau menggaransi anak yatim dan pengasuhnya akan berdampingan dengan beliau di surga kelak. Hal ini dapat kita baca dari Sabda beliau :

أنا و كافل اليتيم فى الجنة هكذا وقال بأصبعيه السبابة و الوسطى. 
Aku dan oang yang merawat anak yatim disurga seperti ini (dekatnya), Nabi berkata sambil menunjukkan dua jarinya (jari telunjuk dan jari tengah).

Begitu mulianya anak yatim disisi Nabi Muhammad saw sehingga orang yang merawatnya saja disejajarkan dengan dirinya di surga nanti. Subhanallah wahdah

Untuk memenuhi tuntutan nabi Muhammad saw tersebut, maka kami yang terdiri dari beberapa Ikhwan dan Akhwat Muslim yang insya Allah Istiqomah membentuk sebuah lembaga Tahfidz/menghafal Al-Quran Khusus Anak Yatim sekaligus juga memberikan mereka pendidikan formal agar kelas dapat dipergunakan setelah tammat dari pendidikannya, dan non Formal yang orientasinya kepada keterampilan dan pelatihan pendidikan Keislaman.

Adapun Tempat yang kami jadikan lokasi Pembinaan di Lembaga Tahfidz Al Qur'an Yatim adalah di setapak tanah yang secara perlahan kami benahi untuk memenuhi kebutuhan dalam pendidikan dan pembinaan para anak Yatim yang kami bina sehingga dikatakan layak.

Adapun dana yang kami gunakan adalah dana yang diperoleh dari sumbangan tetap dari Ikhwan dan Akhwat LTAY (Lembaga Tahfidz Al Qur'an Yatim), dan bantuan para donatur yang menyumbangkan infaq, sedekah dan zakat mereka kepada kami.

Akhirnya, Kami memohon kepada Allah swt agar tetap diberikan kekuatan dan kemudahan serta Istiqomah untuk menjalankan Tuntutan Sunnah Nabi ini. Ini Amanah dan Kami Berjuang Menegakkannya. 
Mohon doa dan restu dari kaum muslimin dan muslimat semua. sekecil apapun bantuan anda akan sangat berarti bagi Anak Yatim yang membutuhkan.